400 PKL Pasar Ditertibkan

penertiban PKL di trotoar temanggung
penertiban PKL di trotoar pasar rejo amertani temanggung

Liputan Achmad K Rafael

TEMANGGUNG,delikjateng.com – sekitar 400 pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal di luar Pasar Rejo Amartani Kota Temanggung, Selasa (4/7) ditertibkan. Mereka dimasukan kembali kedalam pasar, agar tidak mengganggu lingkungan pasar.

Selama penertiban berlangsung lancar. Para PKL yang memiliki tempat jualan di dalam, saling bantu mengusung dagangan ke dalam. Sementara pedagang tiban yang tidak memiliki tempat, menghentikan usahanya. Penertiban itu dilakukan oleh satuan tugas pasar dibantu Satpol PP dan Polisi.

Sekitar 400 PKL itu memang sebagian dari pedagang yang memiliki tempat di dalam pasar. Lainya merupakan pedagang tiban yang ikut meramaikan situasi seperti pedagang maesan, kembang api dan lainya.

Kata sejumlah pedagang, umumnya mereka tak mempersoalkan penertiban tersebut. Mereka terpaksa menggelar dagangan di trotoar pasar yang sebenarnya merupakan larangan, hanya selama bulan puasa dan lebaran.

” Sekarang kami memang harus kembali ke dalam lagi, agar tidak mengganggu ketertiban dan keindahan lingkungan pasar,” kata mereka.

Kepala Pasar Temanggung, Sukiyatono menjelaskan, selama bulan puasa memberikan toleransi pedagang untuk berjualan di luar (trotoar). Tahun-tahun sebelumnya juga seperti itu. Dia hanya mengingatkan agar selama berjualan diluar agar selalu menjaga ketertiban.

Tinggalkan Balasan