Warga Kelurahan Kauman Terdampak Covid Terima JPS Pemkab Blora

Blora, delikjateng.com – Saat ini dampak Covid-19 selain mengganggu aspek kesehatan juga telah mengganggu stabilitas perekonomian baik di tingkat pusat maupun daerah. Begitupun di Kabupaten Blora, masyarakat turut rasakan dampak Covid-19.

Dalam upaya untuk menyeimbangkan aspek kesehatan dan perekonomian tersebut Pemerintah telah salurkan bantuan kepada masyarakat baik bantuan yang bersumber dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya dalam rangka penanganan dampak Covid-19 di Kabupaten Blora serta guna optimalisasi dan kelancaran penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Jaring Pengaman Sosial (JPS), Pemerintah Kabupaten Blora juga telah mulai menyalurkan BST JPS kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang bersumber dari APBD Kabupaten Blora,Senin (21/12/2020)

Dalam rangka optimalisasi dan kelancaran penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tersebut,Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Blora akhirnya menyelesaikan pencairan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Blora tahun 2020 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) .

Kepala Kelurahan Kauman Marthin Ukie Andhana, SE,Msi

Kepala Kelurahan Kauman Marthin Ukie Andhana, SE,Msi mengatakan 71 Kartu Keluarga (KK) warga Kelurahan Kauman Kecamatan Blora Kabupaten Blora menerima bantuan BST Jaring Pengaman Sosial (JPS) Susulan dari Pemerintah Kota Blora sebesar Rp600 ribu untuk tiga bulan.

Bertempat di Balai Kalurahan Kauman telah di laksanakan penyaluran Bantuan Sosial JPS ( Jaring Pengaman Sosial ) kepada masyarakat Kalurahan Kauman tahap 7,8 dan 9 Jumlah penerima JPS untuk Kalurahan Kauman .

Penyerahan bantuan bertempat di Balai Kantor Kelurahan Kauman dengan tetap mematuhi protocol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dalam antrian dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan sebelum memasuki ruangan.

Penyaluran di laksanakan langsung oleh pihak Bank sebagai perbankkan yang telah di tunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Blora dengan menunjukkan KTP Asli, undangan dan menyerahkan fc KTP & Kartu Keluarga.

Penyaluran di mulai pukul 13.00 siang sampai dengan selesai dan di dampingi oleh Babinsa, Babinkamtibmas,sehingga kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan COVID-19 sesuai himbauan dari Pemerintah.

“Penyerahan Bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Pemkab Blora diserahkan kepada warga masyarakat kelurahan Kauman,yang terdampak pandemi Covid-19”, jelas Ukie .

Dengan adanya pandemi Covid-19 memang menjadikan sebagian perekonomian masyarakat melemah. Masyarakat minim pendapatannya bahkan ada juga yang sama sekali tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Dengan adanya bantuan yang dikucurkan dari berbagai pihak, dan kali ini berasal dari Pemkab Blora, diharapkan dapat membantu mengurangi dampak ekonomi warga kurang mampu”, harapnya .

Bantuan JPS sendiri bertujuan membantu masyarakat miskin terdampak pandemi Covid-19 terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat.

 

(Arif)

Leave a Reply