Optimalkan Tupoksi BPD,Komisi A DPRD Gelar Bimtek Gelombang 2

Bimtek peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa dan BPD

Blora, delikjateng.com – Komisi A DPRD Blora membuka bimbingan teksnis (Bimtek) peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rabu (24/3/2021) .

Bimtek yang dilaksanakan di ruang pertemuan Rumah Joglo Nirwana yang terletak di Jalan Bloro – Cepu Km 11, dan akan dibagi menjadi 5 gelombang, yang nantinya akan diikuti seluruh ketua BPD Kabupaten Blora.

Hadir dalam kegiatan Bimtek tersebut, DPRD Blora dari komisi A dan peserta peningkatan kapasitas BPD gelombang 2.

Dalam kegiatan ini masih dalam situasi pandemi, kegiatan tersebut  dilaksanakan menjadi 5 gelombang dengan melakukan protokol kesehatan ketat

Dalam pemaparan sambutannya, Ketua Komisi A DPRD Supardi menyampaikan betapa pentingnya pengoptimalan tupoksi BPD dalam sistem tata kelola pemerintahan di desa. Melalui kegiatan Bimtek, desa bisa belajar dan melihat langsung praktek baik tentang pemerintahan desa.

Supardi dalam Bimtek kali ini menjelaskan teknis penyusunan perdes, dari Inpektorat Blora terkait dengan pengawasan pemerintahan desa dengan tupoksi BPD sesuai Pemendagri 110 th 2016 .

“BPD termasuk simpul masyarakat di desa. Peran dan fungsi BPD bisa lebih optimal menyampaikan potensi dan aspirasi desa. Mengajak berpikir positif, semangat optimistik dan saling percaya untuk membangun desa,” tuturnya.

Dalam peraturan tersebut, BPD berfungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Perdes) bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja kepada desa.

Supardi menjelaskan, Bimtek itu bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, sinergi dan koordinasi antara kepala desa dan BPD dalam melaksanakan tugas dan peran masing-masing. Sehingga, dapat mewujudkan pemerintahan desa yang bersih dan transparan.

 

(Arif)

Leave a Reply