Anggota DPR RI Komisi IX Edy Wuryanto Sosialisasi Istithaah Kesehatan Haji 

Sosialisasi Istithaah Kesehatan Haji

Blora, delikjateng.com – Anggota DPR-RI komisi IX dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil IV Jateng dapil meliputi Pati, Rembang, Blora dan Grobogan Dr. H. Edy Wuryanto, S.KP.,M.Kep bersama mitra kerja Komisi IX DPR RI melakukan reses di Kabupaten Blora,bertempat di Pendopo rumah dinas Bupati Sabtu (15/08/2020) masa persidangan IV Tahun 2019 – 2020 di daerah Pemilihan Jawa Tengah III .

Dalam resesnya kali ini Edi Wuryanto sangat berbeda dengan agenda reses sebelumnya, pada saat Pandemi covid-19 ini, Kegiatan reses difokuskan pada sosialisasi gelar bakti kesehatan haji dengan Kementerian Kesehatan dan sosialisasi pembagian sembako dengan BKBN serta membagikan sembako dan alat kesehatan untuk jamaah haji yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Blora dan Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Blora .

Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah kesehatan menaruh perhatian khusus terhadap pelayanan kesehatan kepada jama’ah haji, baik dalam masa persiapan, pelaksanaan, maupun pasca pelaksanaan musim haji. Oleh karena itu, Komisi IX senantiasa melakukan pengawasan pelayanan kesehatan haji yang dilakukan oleh Pemerintah Kementerian Kesehatan.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresisasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada    Dr. H. Edy Wuryanto, S.KP., M.Kep,yang telah meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan sebagai anggota DPR RI, untuk datang mensosialisasikan haji sehat yang pertama untuk mempersiapkan keberangkatan haji tahun depan yang tahun ini ditunda karena pandemi Covid – 19 .

“Dampak wabah virus Corona (Covid-19) tidak hanya merugikan sisi kesehatan. Virus yang bermula dari Kota Wuhan, Tiongkok, ini bahkan turut mempengaruhi perekonomian negara-negara di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia”, jelas Kokok .

Saya ucapakan selamat datang kembali ke Kabupaten Blora kepada Bapak Dr. H. Edy Wuryanto, S.KP.,M.Kep dalam rangka sosilaisasi pelayanan kesehatan kepada jama’ah haji dalam masa persiapan dan pelaksanaan, maupun pasca pelaksanaan musim haji.

“Virus corona ini tergolong sangat berbahaya karena dapat mematikan atau dapat menyebabkan luka permanen pada paru-paru pasien yang sudah terinfeksi dan sembuh. Secara umum bila ada yang  mengalami  demam, flu, batuk, dan sesak napas dalam batas waktu tertentu ini adalah suatu gejala penyakit Covid-19, maka harus ada kewaspadaan dan kerja sama yang baik dengan keluarga atau rekan kerja selama beraktivitas di dalam rumah, di ruang kerja, dan di dalam lingkungan masyarakat “, bebernya .

Dr. H. EDY WURYANTO, S.KP., M.Kep,           mengatakan “Tujuan Sosialisasi Haji Sehat ini untuk mensosialisasikan kepada jemaah haji dan KBIH tentang pentingnya kesehatan selama berhaji dan melaksanakan pemeriksaan serta pembinaan kesehatan “, Ungkapnya .

Selain itu, Sosialisasi Haji Sehat ini juga mensosialisasikan kepada petugas kesehatan haji tentang Undang-Undang nomor 8 tahun 2019, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 tahun 2016 dan hasil ijtima ulama MUI tentang Istitha’ah Kesehatan Haji.

Sementara itu Dr. H. Edy Wuryanto dalam uraiannya mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa, juga terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho .

Koordinasi juga dilaksanakan dengan Dinas Kesehatan Provinsi setempat dan mengundang setidaknya 200 orang Jemaah Haji dari daerah yang akan dikunjungi. Kegiatan ini dilaksanakan pada masa reses Anggota Dewan Komsi IX DPR RI yaitu bulan Agustus dan Oktober 2020.

Sosialisasi Haji Sehat merupakan upaya pemerintah dalam mempersiapkan calon jemaah haji terutama untuk peserta Haji yang usianya sudah tua sebelum keberangkatan ke Arab Saudi .

(Arief.W)

Leave a Reply