WALIKOTA PEKALONGAN RESMIKAN LAB PCR RSUD BENDAN

Peresmian Laboratorium PCR COVID-19 oleh Walikota Pekalongan

Pekalongan, delikjateng.com – Penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Kota Pekalongan terus dilakukan secara intensif dari kebijakan hingga turun langsung ke lapangan. Kali ini Pemerintah Kota Pekalongan meresmikan Laboratorium PCR Covid-19 di RSUD Bendan Kota Pekalongan pada Selasa (27/10/2020)

Laboratorium PCR tersebut diresmikan langsung oleh Walikota Pekalongan HM. Syaelani Machfudz,SE. Saat diwawancarai media, Walikota Pekalongan mengapresiasi dan bangga dengan adanya Laboratorium PCR ini. “ini solusi yang luar biasa bagi pemerintah kota Pekalongan, dimana selama ini hasil Swab kita harus menunggu ke semarang, sekarang memiliki laboratorium sendiri, tidak harus menunggu beberapa hari tapi cukup satu hari hasil sudah dapat diketahui, mudah-mudahan ini dapat mempercepat proses penyembuhan bagi yang terinfeksi covid-19” ujar walikota.

Dengan adanya Laboratorium PCR ini, Pemerintah Kota Pekalongan bisa segera mengindentifikasi kasus suspek dan memberikan kemudahan serta kecepatan didalam menganalisis diagnosisnya

Direktur RSUD Bendan dr. Junaedi Wibawa, Msi.Med.Sp.PK menambahkan bahwa kapasitas alat PCR yang dimiliki RSUD Bendan dalam sekali running dapat memeriksa 94 sample dimana untuk sehari dapat berjalan 4 kali.

Kebijakan dari Pusat kita berkewajiban memeriksa pcr 5% dari jumlah penduduk, sehingga Kota Pekalongan wajib memeriksa 15.000 pasien. Saat ini RSUD Bendan sudah melakukan tes ke 5000 pasien. Dengan adanya Laboratorium ini, pada akhir tahun target 5% dapat tercapai
Laboratorium PCR khusus untuk Covid-19 diperoleh dari anggaran Dana Insentif Daerah (DID) tahap kedua sebesar Rp. 1,7 M yang nantinya sebagai rumah sakit rujukan 3 kabupaten tetangga yaitu Batang, Pekalongan dan Pemalang.

Laboratorium PCR Covid-19 RSUD Bendan akan mulai beroperasi besok hari Senin tanggal 2 Nopember 2020

(Eddy.S / Istiadi )

Leave a Reply