Trend Kasus Terpapar Covid-19 Terus Menurun.

KENDAL(Delikjateng.com)- Kasus terpapar Covid-19 di Kabupaten Kendal untuk beberapa bulan terakhir terus menurun.

Pada awal bulan November hingga akhir bulan November 2020 ini, data yang masuk di Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal baru 20 orang yang dilaporkan positif terpapar Covid-19.

Padahal beberapa bulan terakhir, rata- rata perbulan yang dinyatakan positif korona bisa mencapai 100 orang.

“Kalau beberapa bulan yang lalu cukup tinggi. Bahkan di bulan September mencapai sekitar 600 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferry Nando Ratbone, di kantornya beberapa hari lalu.

Namun menurut Ferry, trend terpaparnya Covid-19 sejak bulan Oktober lalu mulai stabil tidak mengalami kenaikan yang tinggi.

Sampai pertengahan bulan November ini, terdapat 2341 orang yang positif korona, kemudian yang sembuh sebanyak 1. 474 orang atau 72, 87 persen, yang masih dirawat maupun isolasi mandiri sebanyak 537 orang, dan yang meninggal sebanyak 98 orang.

“Jadi, itu yang ada dikondisi sekarang. Sementara, dua bulan terakhir ini, dari satgas Covid-19 pusat merekrut tenaga untuk melakukan tracing guna melacak orang yang diduga terpapar Covid-19. Setiap Puskesmas merekrut sebanyak lima orang hanya untuk bekerja selama dua bulan yaitu bulan November dan Desember,”terang Ferry.

Mereka digaji dari pusat, sedangkan Pemkab. Kendal hanya membantu untuk mencarikan orang saja.

“Memang pemerintah pusat mendorong kepada beberapa daerah yang dipandang temuan kasusnya banyak, termasuk salah satunya Kabupaten Kendal,”jelas Ferry.

Di Kabupaten Kendal terdapat 30 Puskesmas. Mereka nantinya melakukan screening terhadap seseorang yang berpotensi berinterkasi dengan banyak orang.(Tim)

Leave a Reply