TINJAU BANJIR DI ROWOYOSO WONOKERTO, BUPATI PEKALONGAN EVAKUASI LANSIA DAN BUMIL

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat berada di Masjid tempat pengungsian Ds Rowoyoso (foto Ari)

Pekalongan, Delik Jateng.com – Musibah banjir yang belum juga reda di sebagian wilayah Kabupaten pekalongan menyebabkan lonjakan jumlah pengungsi per hari ini mencapai dua ribuan orang.

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.M.Si, dalam kesempatan meninjau banjir di Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto, Rabu (17/2/2021) pagi.

Dengan menaiki mobil patwal Dinhub, Bupati Asip bersama Kepala Dinsos Rachmawati dan Kalak BPBD Budi Raharjo serta Kades Rowoyoso menyusuri jalan desa Rowoyoso yang banjir hingga diatas lutut orang dewasa menuju tempat pengungsian di Masjid Jami. sambil menyapa warga yang masih bertahan di rumah masing-masing.

Dalam tinjauan banjir di Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto tersebut, Bupati beserta rombongan juga melakukan evakuasi para pengungsi terutama bagi para lansia, ibu hamil dan bayi.

“Sekarang jumlah pengungsi mencapai dua ribu orang, dan wilayah yang terdampak paling parah ada di Kecamatan Wonokerto, sebagian wilayah Tirto dan sebagian wilayah Wiradesa, ungkap Bupati Asip.

la mengatakan, bahwa lonjakan jumlah pengungsi korban banjir ini disebabkan oleh debit air yang semakin bertambah dan curah hujan yang masih sangat tinggi. Untuk itu la menuturkan bahwa pihaknya akan menambah jumah pos-pos pengungsian untuk dapat menampung para korban banjir.
“Sehingga pos-pos pengungsian ini sekarang kita tambah lagi dan dapur umum kita perbanyak,” ujarnya.

(Istiadi/ Ari. K)

Leave a Reply