Terungkap, Oknum Pejabat Gunakan Surat Nikah Aspal

ilustrasi pernikahan
ilustrasi pernikahan

KENDAL,delikjateng.com – Seorang oknum pejabat yang pernah menjabat dibidang perizinan Ciptaru Kendal berinisial YT, disinyalir nekad memalsukan data dirinya untuk membuat surat nikah asli tapi palsu ( Aspal). Hal ini terungkap dalam salinan surat nikahnya dengan seorang wanita yang berasal dari Kabupaten Pati.

Dan dalam surat nikah aspal tersebut YT ditulis statusnya sebagai duda dengan pekerjaannya swasta. Padahal selama ini YT dikenal selaku pejabat Kendal yang kini masih menjabat di Kecamatan Plantungan, Kendal.

Menurut Aktivis LSM Kendal, Imam Subagyo, apa yang telah dilakukan YT merupakan perbuatan kriminal yang harus segera ditangani aparat penegak hukum. ” Itu kriminal, makanya harus diproses hukum ,” ujarnya kepada jurnalis delikjateng.com Rabu (29/11).

Imam menyayangkan pihak Inspektorat Kendal yang telah kebobolan atas ulah oknum pejabat tersebut yang telah mencoreng nama baik PNS lainnya. ” Secara etis perlu ada sangksi sebagai PNS atas perbuatannya, dan bila perlu dipecat dari jabatannya,” tandasnya.

Sementara itu YT saat disambangi dikantor dan dirumah pribadinya, belum juga ditemui. Orangtua YT menyerahkan perkara itu sebagai pertanggungjawaban dirinya.

” Kami tidak ngurusi lagi, Dia sudah dewasa yang harus mengerti mempertanggungjawab,” ujarnya.

Kasus ini bermula dari adanya aduan seorang wanita bersama seorang anaknya yang telah mengakui jika dirinya telah dinikahi YT dan dikarunia seorang anak, yang kini telah berusia 2 Tahun. Namun belakangan ini YT sulit untuk dihubungi, bahkan nafkah untuk anaknya tak pernah diterimanya lagi semenjak ada kabar Ia nikah lagi dengan Wanita Idaman lainnya.

Setahun yang lalu dengan didampingi LSM Kendal pernah membuat kesepakatan kedua belah pihak guna penyelesaian kasus ini. Namun janji YT yang telah dituangkan dalam kesepakatan tersebut hingga kini tak kunjung dipenuhi.

” Saya hanya kasihan sama anak saya yang meminta tanggungjawab ayahnya,” ujar wanita yang mengakui telah dinikahinya pada 2014 lalu.

(Lendra)

Leave a Reply