STOK DARAH MENIPIS, PMI SERUKAN MASYARAKAT TAK PERLU TAKUT DONOR DARAH SELAMA PANDEMI

Meski terlihat sedikit mengerikan, namun donar darah bukan hal yang menakutkan

Kota Pekalongan, delikjateng.com – Selama Pandemi Covid-19, jumlah pendonor darah menurun drastis. tidak sedikit yang mengaku takut terpapar virus selama proses donor darah. Sedangkan kebutuhan darah setiap hari tetap sangat tinggi meskipun pandemi. Salah satu kekhawatiran untuk melakukan donor darah adalah faktor keamanan selama pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Pekalongan,dr Ani Sri Rahayu menegaskan, masyarakat tak perlu khawatir mendonorkan darahnya selama pandemi. Pasalnya, UDD PMI Kota Pekalongan menetapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan donor darah

“Selama pandemi yang sudah berlangsung hampir 1 tahun ini memang stok darah yang ada di kami cenderung terbatas dan bisa dibilang justru kurang, tidak melimpah seperti di tahun 2019 sebelum adanya pandemi Covid-19 ini. Bahkan, secara keseluruhan penurunannya sampai 30 persen stok darahnya,” tutur dr Ani saat ditemui Delik Jateng di kantor UDD PMI Kota Pekalongan, Selasa (2/2/2021).

Menurut dr. Ani, menurunnya jumlah stok darah yang ada disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya rasa kekhawatiran masyarakat selama pandemi untuk datang ke pusat-pusat pelayanan kesehatan seperti UDD PMI ini, rasa ketakutan masyarakat dalam menjawab pertanyaan apakah berdonor darah saat pandemi tetap aman dan banyaknya angka kesakitan pasien terpapar Covid-19. Padahal, darah dari pendonor masih sangat dibutuhkan untuk membantu pasien-pasien di rumah sakit maupun masyarakat yang membutuhkan pasokan darah.

dr Ani menyebutkan saat ini stok kantong darah yang ada di UDD PMI Kota Pekalongan terbatas hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan darah selama 1,5 hari ke depan saja dengan total keseluruhan 78 kantong. Yakni, golongan darah A 18 kantong, golongan darah B 2 kantong O sebanyak 51 kantong. dan AB sebanyak 7 kantong. Oleh karena itu, pihaknya tidak henti-hentinya menyerukan dan mengajak masyarakat untuk tetap aktif mendonorkan darah di masa pandemi Covid-19.

(Istiadi/Eddy. S)

Leave a Reply