SEKTOR KOPERASI DAN UMKM MENDOMINASI PENGAJUAN IJIN USAHA

ilustrasi Sektor Koperasi dan UMKM

Pekalongan, delikjateng.com  – Dinas Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan mencatat jumlah pemohon perizinan usaha di Kota Pekalongan hingga akhir Bulan September 2020 mengalami lonjakan drastis dibandingkan periode bulan yang sama pada tahun 2019 lalu .

Jumlah perizinan yang telah diterbitkan melalui sistem OSS (Online Single Submission) pada kurun waktu tersebut mencapai 8.635 izin yang didominasi oleh sektor perkoperasian dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebanyak 7.184 atau sebesar 83,19%. Demikian yang disampaikan o9leh Drs. Supriyono,MM Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan di ruang kerjanya Senin (2/11)

Terkait perizinan yang telah kami terbitkan hingga bulan September 2020 sudah mencapai 8.635 berkas yang didalamnya ada 9 sektor perizinan, namun yang paling mendominasi adalah di sektor Koperasi dan UMKM sebanyak 7.184 atau 83,19% selanjutnya diikuti sektor kesehatan sebanyak 7%, sektor pekerjaan umum dan perumahan rakyat lebih dari 5%, sektor perdagangan 3,63% dan sektor lainnya seperti pariwisata, industri, ketenagakerjaan dan lain lainnya relatif kecil.

Terjadinya kenaikan izin usaha yang melampaui target ini tidak dipungkiri dampak dari adanya bantuan produktif yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat untuk para UMKM di tengah Pandemi Covid-19, dimana para UMKM yang ingin mendapatkan bantuan produktif sebesar Rp. 2,4 juta tersebut wajib mengurus izin usaha Mikro Kecil (IUMK) di DPMPTSP setempat. Demikian Supriyono menjelaskan kepada Delik Jateng.

(Eddy.S/ Istiadi )

Leave a Reply