SATGAS PDIP DAN BAGUNA PDI PERJUANGAN KOTA PEKALONGAN DILATIH PENANGANAN BENCANA

Peserta pelatihan sedang praktek pemadaman api

Pekalongan, Delik Jateng.com – Sejumlah anggota Satgas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Pekalongan, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) yang merupakan sayap partai bersama komunitas lainya dilatih penanganan bencana. Acara pelatihan dan simulasi penanganan bencana tersebut bekerja sama dengan BPBD Kota Pekalongan yang digelar di kawasan Pantai Slamaran Kota Pekalongan, Rabu, 26 Mei 2021.

Pelatihan dibuka oleh Walikota Pekalongan,
dan dihadiri Ketua DPC PDIP Kota Pekalongan Agung Satria Hermawan SH MH, Wakil Ketua DPRD Kota Pekongan Edy Supriyanto yang juga Sekertaris DPC PDIP Kota Pekalongan, Ketua BPBD Kota Pekalongan Saminta, Lurah Krapyak Lor, serta para Satgas Baguna, maupun pengurus DPC PDI-P lainnya.
Dalam pelatihan tersebut, peserta mensimulasikan secara langsung teknik pemadaman api, pemanfaatan apar, serta teknis kebencanaan lainnya.

Dalam sambutannya HA Afzan Arslan Djunaid, SE menyatakan, secara geografis Kota Pekalongan memang rawan terjadinya bencana. Oleh sebab itu, dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat tentang penanganan bencana itu sendiri. Bahkan, dari 27 kelurahan di Kota Pekalongan, 26 kelurahan diantaranya rawan banjir, baik banjir air hujan maupun rob. Kemudian, di tahun 2020 sendiri, berdasarkan data dari BPBD Kota Pekalongan, telah terjadi 40 kejadian kebakaran. “Maka perlu sosialisasi, sekaligus pembekalan ketrampilan bagi masyarakat dalam penanganan bencana itu sendiri,” terang walikota yang akrab disapa Aap itu.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kota Pekalongan, Agung Satria Hermawan SH MH menjelaskan, kegiatan ini sebagai wujud pelatihan dasar bagi Satgas PDIP dan Baguna untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dalam setiap bertugas di lapangan. Melalui pelatihan dimaksud, diharapkan dapat melaksanakan tugas secara cepat dan tepat pada saat terjadi bencana  bersama BPBD maupun para relawan kebencanaan lainnya. “Jadi, ketika ada sebuah bencana, Satgas PDIP dan Baguna, bisa langsung siap dan tanggap dalam situasi darurat sesuai dengan ketrampilan yang sudah dibekali,” tegas Agung, yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah itu. Dirinya menambahkan, PDIP hadir bukan hanya saat momen demokrasi semata, tetapi harus hadir di tengah masyarakat.

(Istiadi / Eddy. S)

Leave a Reply