Ratusan Warga Datangi Balai Desa Tuntut Oknum Kepala Dusun

Aksi massa di Balai Desa berjalan damai, tampak Kapolsek Mezy dan Korlap Demo Andy R

PEMALANG,delikjateng.com — Ratusan warga Desa Serang, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, gelar aksi massa di balai desa pada Jumat (10/8). Mereka menuntut pertanggung jawaban kepada salah satu Kepala Dusun berinisial Sb, akibat proses kepengurusan sertifikat sejumlah warga tak kunjung selesai.

Menurut warga, Sb sebagai kadus juga menerima proses pengajuan Sertifikat Umum melalui reguler. Sejak menjabat kadus pada 2005 hingga 2017 bulan lalu, diduga terjadi pungli dilakukan Kepala Dusun 1 desa Serang itu.

Sejumlah warga yang menanyakan pengajuan sertifikat, oleh Sb selalu diberi janji, tapi tak dipenuhi. Bahkan yang bersangkuatan jarang berada di rumah dan sulit dihubungi oleh warga, hingga aksi massa ini dilakukan warga.

Sedangkan belasan warga pemohon yang belum terbit sertifikatnya dan sudah melunasi biaya sertifikat, diantaranya Karyuti Rt 06/01, Casyati Rt 06/01, H.Sudiharjo Rt 04/01, Masropah Rt 03/01, Kunaeni Rt 05/01. Mereka ini adalah pemohon dari 7 tahun yang lalu.

Koordinator aksi, Andi Ristono mengemukakan, lembaga pemerintahan di Desa Serang diminta membantu maksud warganya yang bertahun tahun dirugikan oleh Sb. Agar segera menindaklanjuti pengajuan Sertifikat warga.

Sementara oknum kadus itu kepada wartawan mengatakan, dari beberapa berkas yang belum beres, ia berjanji 2 minggu siap menyelesakan berkas itu untuk maju ke PPAT, kecamatan setempat.

(rae kusnanto)

Leave a Reply