PWRI KORWIL PEKALONGAN IKUTI SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN

Penyerahan Plakat DPD RI oleh Ir H. Bambang Sutrisno, MM kepada DR. Slamet Budiyanto, SKM.M.Kes mewakili Walikota Pekalongan

Pekalongan, Delik Jateng.com – Bertempat di Gedung Amarta Setda Kota Pekalongan , sejumlah Pengurus PWRI Kabupaten / Kota se eks Karesidenan Pekalongan dan perwakilan tingkat kecamatan di Kota Pekalongan hadir dalam agenda sosialisasi empat pilar ini, pada Sabtu (10/4/2021). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Slamet Budianto, SKM, M.Kes yang mewakili Walikota Pekalongan H. A. Afzan Arslan Djunaid, SE.

Disampaikan Slamet Budiyanto , Pancasila sebagai filosifi bangsa Indonesia telah banyak dipahami warga Pekalongan. Namun, untuk menjaganya dalam kehidupan sehari-hari perlu secara kontinu didengungkan. Oleh karena itu, melalui PWRI warga diminta mempunyai pedoman dalam bernegara. Yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Melalui Ibu dan Bapak sekalian harapannya menjadi tangan-tangan panjang dari pemerintah, untuk memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan secara menyeluruh di lingkungannya,” ujar dia,

Dr. Slamet Budianto SKM.M.Kes yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan selanjutnya mengatakan, siap mendukung kegiatan sosialisasi bersama para anggota PWRI kepada warga, terutama kepada generasi muda. Slamet Budianto menilai sosialisasi kepada generasi muda sangat penting guna mengantisipasi degradasi nilai-nilai kebangsaan di kalangan mereka.
“Beberapa kali saya menemui, ada anak muda yang tidak hafal teks Pancasila saat operasi yustisi protokol kesehatan beberapa waktu lalu. Karenanya, sosialisasi kepada generasi muda sangat penting agar semangat kebangsaan mereka tidak luntur atau hilang.

Slamet Budiyanto juga berpesan kepada para peserta Sosialisasi agar memanfaatkan vaksinasi di Rumah sakit atau Puskesmas yang ditunjuk sesuai wilayah tempat tinggal terdekat, dan tetap selalu menjaga Protokol kesehatan dalam berbagai kegiatan dengan selalu melakukan 3 M, Mencuci tangan setiap saat, Memakai Masker bila keluar rumah dan menjaga jarak menghindari kerumunan, demi menjaga agar tidak mudah terpapar Pandemi Covid

Sebelumnya, Ir. H. Wahyudi Pontjo Nugroho,MT Ketua PWRI Kota Pekalongan selaku Ketua Pelaksana menyampaikan laporan penyelenggaraan sosialisasi empat Pilar Kebangsaan yang diikuti oleh sedikitnya 85 orang dari Pengurus PWRI Kota / Kabupaten se eks Karesidenan Pekalongan dan perwakilan dari Pengurus Kecamatan di Kota Pekalongan. Pontjo juga dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Pekalongan yang turut serta mendukung adanya sosialisasi ini dengan membantu fasilitasi tempat penyelenggaraan dan sarana yang ada

Dalam acara pembukaan juga dilakukan penyerahan kenang-kenangan Plakat DPD RI dari Ir. H. Bambang Sutrisno MM kepada Pemerintah Kota Pekalongan yang diterima oleh Dr. Slamet Budiyanto mewakili Walikota Pekalongan, sebaliknya juga Pemkot Pekalongan menyerahkan Plakat Pemerintah Kota Pekalongan kepada Ir. H. Bambang Sutrisno MM

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, adalah Ir. H. Bambang Sutrisno, MM selaku anggota DPD-RI dari Jawa Tengah , dan Ketua PWRI Provinsi Jateng Drs. H. Hendro Martoyo MM.
Pemahaman empat pilar kebangsaan semakin diperlukan di tengah era globalisasi saat ini. Sebab, ideologi Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika harus tetap dihayati dan dipahami oleh seluruh warga.

Hal itu disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Jawa Tengah Ir. H. Bambang Sutrisno, MM pada pembukaan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada anggota Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Menurutnya, dengan memahami empat pilar tersebut, akan tercipta sebuah rumah bernama Bangsa Indonesia yang aman dan nyaman untuk melaksanakan pembangunan.

“Jika demikian, maka dapat diwujudkan kesejahteraan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan aman,” tegas senator yang bergabung di Komite III membidangi pendidikan, keagamaan dan pariwisata ini.
Bambang menilai, pemahaman empat pilar kebangsaan kepada anggota PWRI sangat efektif. Pasalnya, para pensiunan PNS itu adalah tokoh masyarakat yang dipercaya warga sekitarnya. Sehingga, mereka dapat meneruskan materi tersebut tentang bentuk, konstitusi dan semboyan negara itu dan dapat diterima dengan baik.

Ketua PWRI Propinsi Jawa Tengah Drs. H. Hendro Martojo MM selaku Nara sumber menyampaikan materi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.
Disampaikan Hendro Martojo, Nilai Empat Pilar Kebangsaan perlu disebarluaskan agar masyarakat bisa mengerti, memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari hari sehingga masyarakat merasakan hidup rukun , tenteram, aman, nyaman, damai penuh kegotongroyongan, yang muaranya menjadikan negara yang kuat. Hal ini mengingat materi empat pilar kebangsaan ini mengandung nilai nilai luhur dalam membentuk karakter bangsa untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan mengutamakan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Kami mengharapkan peserta yang telah mengikuti Sosialisasi ini bisa menyebarluaskan kepada lingkungannya sehingga pemahaman materi empat pilar kebangsaan ini.” Pungkas Hendro Martojo.
Sebelum berakhirnya acara Sosialisasi, hadir pula menyusul Walikota Pekalongan H.A. Afzan Arslan Djunaid, SE, dalam sambutan singkatnya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini oleh PWRI yang merupakan senior- seniornya. Pemerintah Daerah sangat mendukung dan membantu adanya kegiatan ini, karena selaku pemimpin muda sangat membutuhkan bimbingan dari para sesepuh tokoh masyarakat
(Istiadi / Eddy. S)

Leave a Reply