POLDA JATENG MELAKUKAN ASISTENSI KAMPUNG SIAGA CANDI DI WILAYAH HUKUM POLRES PEKALONGAN KOTA

Tim Asistensi Kampung Siaga Candi Polda Jateng sedang melakukan peninjauan lokasi

Pekalongan, Delik Jateng.com – Kampung Siaga Candi yang didirikan di Griya Tirto Asri RW.IV Desa Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan , oleh Polres Pekalongan kota, mendapat kunjungan Tim Asistensi Kampung Siaga Candi dan PPKM mikro Polda Jawa Tengah pada Rabu (3/3/2021)

Tim KSC yang dipimpin oleh Wadir Binmas Polda Jateng AKBP Siti Rondhijah, S.Si., M.kes. dan Kasikomnas Binkomnas Subdit Polmas Kompol Kristanto Budi Nursetiya, S.Sos. serta Bripka Arif Nurhidayanto, S.H. didampingi Kasat Binmas Polres Pekalongan kota.

Tim asistensi diterima oleh Bp. Kepala desa Tanjung, Ketua RW IV Imam Kholik, kanit Binmas Polsek Tirto dan NaKes Sdri Rahma (bidan desa) serta ketua RT se RW IV.

Dalam kesempatan tersebut tim menerima penjelasan tentang pelaksanaan KSC di Perum GTA Tanjung – Tirto oleh ketua RW IV Sdr. Imam Kholik dan langsung check point Rumah isolasi, dan posko siaga kesehatan, Siaga Pangan dan tempat mencuci tangan yang memadai bagi semua orang yang keluar masuk lingkungan perum GTA, dan pengecekan suhu badan, serta wajib penggunan masker bagi warga setempat dan penduduk lainnya yang datang ke Perum GTA Kampung Siaga Candi Perum GTA RW. IV Desa Tanjung Kecamatan Tirto yang didirikan pada 21 Juli 2020 oleh Polres Pekalongan Kota dan diresmikan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi tersebut diapresiasi oleh Pemkab Pekalongan.

Hal itu sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan, kesehatan dan solidaritas masyarakat, di tengah pandemi Covid-19. dan pembinaan, baik pada aspek keamanan teritorial, maupun ketangguhan di bidang lainnya.

Sementara itu, Ka Tim Asistensi KSC Wadir Binmas Polda Jateng AKBP Siti Rondhiyah, S.Si., M.Kes. menyampaikan bahwa kami dari Polda Jateng datang untuk melakukan asistensi dan penilaian kampung siaga. Kita melihat bagaimana operasional di kampung siaga candi jajaran Polres Pekalongan ini. khususnya di RW IV GTA Desa Tanjung Kecamatan Tirto. “Bapak Kapolda Jateng telah memerintahkan kepada kami untuk langsung terjun ke lapangan guna mengecek keaktifan dan keberadaan Kampung Siaga Candi yang ada di Polres jajaran Polda Jateng,” katanya.

Ketua RW IV dalam laporannya juga menyampaikan bahwa Program Kampung Siaga Candi merupakan program yang diinisiasi oleh Polda Jateng dan telah dielaborasi oleh Polres Pekalongan Kota untuk mewujudkan ketahanan masyarakat diberbagai bidang pada masa pandemi Covid-19.
“Ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini, ketahanan baik itu ketahanan pangan, ketahanan soliditas sosial ini menjadi penting karena kalau tidak ditangani dengan baik, ketidaksolidan dimasyarakat akan berpengaruh ke Kamtibmas. Apalagi, menurutnya program Kampung Siaga Candi ini bersifat partisipatif yang melibatkan keaktifan masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah dan aparat untuk mencegah penularan Covid-19 dan mewujudkan ketahanan masyarakat.

Sementara itu Babinkamtibmas Desa Tanjung Bripka Tri Budioso merasa bangga bahwa KSC di Desa Tanjung RW. IV sudah memenuhi kriteria yang ada dan pelaksanaannya terprogram dengan baik Selama kegiatan Asistensi berjalan dengan aman kondusif dan lancar,

( Istiadi / Ari. K )

Leave a Reply