PEMKOT PEKALONGAN DIRIKAN DAPUR UMUM , BANTU SUPLAY RIBUAN NASI BUNGKUS SETIAP HARI

Petugas Dapur Umum sedang mempersiapkan nasi bungkus untuk para pengungsi

Kota Pekalongan – Delik Jateng.com – Menyusul bencana banjir yang masih menggenangi sejumlah wilayah di Kota Pekalongan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) setempat menyelenggarakan Dapur Umum terpusat di Halaman Kantor Dinsos-P2KB yang berlokasikan Jl. Sriwijaya No.40, Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat, Senin(15/2/2021).

Plt Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Ir. Budiyanto, MPi, MHum mengungkapkan bahwa sebelumnya saat kejadian bencana banjir besar mulai Sabtu(6/2) lalu, Dapur Umum yang menjadi tumpuan utama bagi para pengungsi disediakan di Dapur Umum Stadion Hoegeng sinergi antara Satbrimob dengan Komunitas Pekalongan Tanggap dan Dapur Umum TNI Peduli yang dikelola oleh Kodim 0710 yang dipusatkan di GOR Jetayu, Kecamatan Pekalongan.

Utara Disamping itu, 60 dapur umum mandiri juga didirikan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Namun, dua hari yang lalu, atau sepekan kejadian banjir, operasional Dapur Umum Pusat di Stadion Hoegeng dihentikan.

Sehingga, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinsos-P2KB setempat berinisiatif untuk mendirikan dapur umum terpusat untuk membantu memenuhi kebutuhan pengungsi maupun warga terdampak lainnya.

Dapur Umum Pusat yang saat ini ada 2 yakni Dapur Umum yang dikelola oleh TNI di GOR Jetayu masih tetap berjalan dan Dapur Umum yang didirikan Pemkot melalui Dinsos-P2KB mulai beroperasional per hari ini, Senin(15/2).

Untuk pendistribusian bantuan dari dua dapur umum pusat yang ada berupa nasi bungkus difokuskan untuk memenuhi kebutuhan warga yang mengungsi di titik-titik pengungsian, sementara untuk dapur umum mandiri yang tersebar di 60 titik untuk membantu warga terdampak banjir yang tidak mengungsi dan masih bertahan di rumah” terang Budiyanto.

Untuk Jadwal penyaluran kepada para pengungsi setiap hari dua kali yaitu pada jam 06.00 dan jam 12.00. bagi para relawan yang ingin membantu pelaksanaan dapur umum bisa langsung hadir di DinsosP2KB jl. Sriwijaya 40 Pekalongan.

(Istiadi/Eddy. S)

Leave a Reply