PEMKOT PEKALONGAN BERSAMA TIM JOGO KALI PANTAU BANJIR DAN BERSIHKAN SUNGAI

Pemkot Pekalongan tinjau pengungsi banjir di Sampangan

Pekalongan, delikjateng.com – Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dinas Sosial Pengendaluan Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB), Kepala Dinas Kesehatan serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan meninjau banjir di Sampangan, Kelurahan Kauman Jumat (29/1/2021)

Banjir yang terjadi ini akibat hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi cukup lama, mengakibatkan Bendungan Asemsiketek menaik sehingga sungai Loji meluap. “Banjir terjadi karena air sungai limpas. Dari BPBD sudah memantau sejak Kamis sore Bendungan Asemsiketek dibuka dan diperkirakan pukul 21.00 wib sampai di Kota Pekalongan,” terang Wakil Walikota Afzan Arslan Djunaid kepada Delik Jateng

Dijelaskan bahwa pukul 21.00 sampai 23.00 debit air meningkat sehingga ada evakuasi warga terutama anak dan lansia. “Kondisi terkini air sudah surut dini hari pukul 00.30-01.30 wib. Mudah-mudahan air dari Selatan ini tak limpas lagi karena limbahnya juga masuk ke kami,” ungkap Wakil Walikota Pekalongan yg akrab dipanggil A’af

Ada 3 orang pengungsi yang sakit, mungkin karena kondisi dingin, dan mereka sudah mendapat penanganan dari Dinas Kesehatan. Tim Jogo Kali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan langsung membersihkan sampah di Sungai Loji Kota Pekalongan pasca banjir, Jumat Pembersihan sanpah di sungai ini juga sebagai antisipasi menumpuknya sampah di sungai ketika banjir.

Limbah atau sampah di sungai bukan hanya dari Kota Pekalongan tetapi juga kiriman dari daerah atas. Seperti banjir yang terjadi di Sampangan Kelurahan Kauman tadi malam akibat Bendungan Asemsiketek yang menaik sehingga air limpas dan membawa banyak limbah dan sampah.

Tim Jogo Kali pada musim hujan ini harus lebih gencar melaksanakan tugasnya, menyusuri sungai sambil memungut sampah dan membersihkan aliran sungai yang terhambat sampah yang menumpuk.

(Istiadi / Eddy. S )

Leave a Reply