PEMBINAAN ORMAS DAN PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS KANTOR KESBANGPOL KOTA PEKALONGAN

Penandatanganan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Kesbangpol Kota Pekalongan

Pekalongan, delikjateng.com – Bertempat di Ruang Amarta Gedung Setda Kota Pekalongan, Selasa (27/10/2020) Kantor Kesbangpol Kota Pekalongan menggelar acara Pembinaan Ormas dengan thema “Peran Ormas Untuk Terwujudnya Kondusifitas Wilayah Kota Pekalongan” dan sekaligus Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM) untuk menunjukkan kesungguhan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan dan Birokrasi yang bersih bebas dari KKN.

Acara diawali dengan Pembinaan kepada Ormas dan LSM se Kota Pekalongan, dengan menampilkan nara sumber dari Polres Pekalongan Kota dan Kodim 0710. Dengan maksud untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban di Kota Pekalongan, pada masa pandemi Covid 19 serta setelah beberapa waktu yang lalu terdapat unjuk rasa dari beberapa elemen buruh dan Mahasiswa menentang disahkannya UU Ciptakerja / Omnibus Law serta menghadapi Pilkada pada 9 Desember 2020.

Pembicara pertama dari Kasat Intel Polres Pekalongan Kota AKP. Moh. Bisri, SH dengan thema Sosialisasi Pembinaan Ormas untuk terwujudnya Kondusifitas wilayah Kota Pekalongan. Moh Bisri, SH menekankan agar setiap pimpinan ormas dapat memberikan pencerahan kepada para anggotanya untuk membantu aparat keamanan dalam mewujudkan kondisi aman di Kota Pekalongan, karena suasana menjelang Pilkada ini sangat mungkin terjadinya gesekan-gesekan antar pendukung Paslon, diharapkan agar dapat mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada.

Menjawab usulan dari peserta agar Pemerintah membentuk Posko Keamanan terpadu khususnya dalam menjelang Pilkada, Moh Bisri menjelaskan sangat mengapresiasi bila Posko keamanan terpadu yang terdiri Tim Paslon, KPU, Bawaslu dan dari unsur aparat keamanan, namun perlu kiranya dibicarakan dengan lebih matang dari para pemangku kepentingan.

Pembicara kedua dari Kodim 0710 Pekalongan disampaikan oleh Kasdim 0710 Mayor Infanteri Raji menyampaikan makalah Peran Kodim 0710 dalam Hartibum dan Hartibmas
Dalam Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM) dibacakan Pernyataan Ikrar dan Deklarasi oleh Plt. Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pekalongan Sukirno, STTP.MM diikuti oleh seluruh Karyawan Kesbangpol dan penandatanganan Ikrar Zona Integritas oleh Kepala Itwil Kota Pekalongan Beno Heritriono dan Kabag Organisasi Setda Kota Pekalongan Moh Arief Karyadi serta Walikota Pekalongan HM Syaelani Machfudz, SE.

Walikota Pekalongan dalam sambutannya menyampaikan bahwa apa yang telah di ikrarkan Zona Integritas dan ditanda tangani secara bersama tadi kecuali disaksikan oleh kita semua yang berada disini, juga disaksikan oleh Allah SWT. dan agar benar benar dilaksanakan demi terwujudnya Pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi dan KKN. Bahwa Ikrar yang dilakukan oleh OPD di Kota Pekalongan tinggal menyisakan 2 instansi yang belum melakukan pencanangan dan dalam waktu dekat ini akan menyusul
(Eddy.S / Istiadi)

Leave a Reply