ORMAS, LSM, WARTAWAN KOTA PEKALONGAN GELAR UPACARA HUTRI KE-76 DI ATAS JEMBATAN KALILOJI

Bendera merah putih sepanjang 76 m dibentangkan saat upacara 17 an di atas jembatan kali loji 

Pekalongan, DelikJateng.Com – Menjadikan simbol perjuangan mengungkap ketidak transparanan pembangunan Bendung Gerak Kaliloji, Aliansi Sosial Kontrol Masyarakat Kota Pekalongan, dalam rangka memperingati hari ulang tahun RI ke 76 bersama sejumlah Ormas, LSM dan Wartawan menggelar Upacara Bendera di atas jembatan Kaliloji Kota Pekalongan.

Kegiatan yang diwarnai dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 76 meter pada hari selasa 17/8/21 tadi beberapa peserta upacara yang ikut di antaranya dari Ormas Koppasab, GMBI, Linduaji, Pemuda Pancasila, Akur Joyo, Gamala, LPK-RI, PWOI, Sekber IPJT, KNTI, Bina Pelangi, dan Wartawan dari puluhan media diantaranya Delik Jateng. Yang istimewa Pedagang Pasar dan Tukang Becak turut serta dalam upacara.

Dikatakan oleh Eddy Setiono bahwa gabungan dari berbagai Ormas, LSM dan wartawan ini akan terus berjuang secara positif untuk mengingatkan Pemerintah Kota Pekalongan bahkan Pemerintah Pusat agar melakukan kaji ulang pembangunan penanggulang rob dan banjir dengan fokus penataan sungai Kaliloji, karena diduga ekses pembangunan yang kurang memperhatikan perencanaan yang tepat berdampak mengorbankan masyarakat.

Koordinator pergerakan H. Malul Akbar mengatakan masyarakat tidak pernah dan tidak akan melawan serta mendukung pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, asalkan sejalan dengan kepentingan masyarakat yg akan menerima manfaat, akan tetapi apabila masyarakat tidak dilibatkan maka masyarakat akan menolak.
“Kami mendukung program pembangunan di Kota Pekalongan, tapi sebaiknya dalam perencanaan dan mengkaji dan pemetaan lokasi pembangunan masyarakat setempat dilibatkan dan didengarkan aspirasinya, karena masyarakat setempatlah yang mengetahui peta dan kondisinya.” tukas H.Malul Akbar ketua aliansi yang juga tokoh masyarakat Kota Pekalongan.

Selesai kegiatan Peringatan HUT RI ke 76 di atas Jembatan Kali Loji peserta berkumpul di Markas Aliansi di Jl. Diponegoro 20 Pekalongan berkoordinasi Rencana Pengajuan Tuntutan Hukum atas Pelanggaran UU Pers dan UU KIP atas kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya di SDN 05 Kraprak Pekalongan

(Istiadi B / Eddy S)

Leave a Reply