NU KOTA PEKALONGAN  MENGAMBIL SUMPAH  PETUGAS SENSUS NU  DAN BEDAH BUKU “JEJAK DAKWAH ISLAM NUSANTARA”

Pengambilan Sumpah



Pekalongan, delikjateng.com – Menenuhi amanat Konferwil dan Muskerwil PWNU Jateng, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Pekalongan , Jawa Tengah melaksanakan Pengambilan Sumpah kepada Administrator, Operator dan Petugas sensus warga NU berbasis Sistem Informasi Strategis Nahdlatul Ulama (SISNU), Rabu  9 September 2020 .

Acara yang di hadiri oleh Para Pengurus NU  se-Kota Pekalongan  beserta operator dari ranting NU di masing-masing MWCNU itu berlangsung di Gedung Aswaja Kota Pekalongan.  Dalam sambutannya, Ketua PCNU Kota Pekalongan , H. Muhtarom, SSA  menjelaskan terkait pentingnya sensus warga NU. “Sensus ini untuk kepentingan jamiyah, NU bukan sekadar kumpul-kumpul, tapi juga harus benar-benar menjadi jamiyah, dengan cara apa? Yaitu dengan cara menata administrasinya, terutama dalam bagian data  warga NU,” terangnya. Ia menegaskan, pendataan itu murni karena untuk mengetahui sekaligus mengukur kuantitas dan potensi warga NU di Kota Pekalongan  secara pasti. Bukan dalam rangka yang lainnya, apalagi politik. “Ini bukan kepentingan politik atau yang lainnya, tapi ini murni untuk kepentingan jamiyah NU dalam pemetaan-pemetaan potensi jama’ah NU, kalau urusan Politik dan Pilkada, warga NU diharapkan menghadapi dengan santai, urusan Pilkada serahkan pada PCNU “Muhtarom  juga mengajak seluruh warga NU Kota Pekalongan  untuk ikut serta menyukseskan pelaksanaan sensus Nahdliyin yang akan dimulai pada 10 Oktober hingga 10 Desember 2020.  Pelaksanaan sensus nantinya akan merambah pada pembuatan kartu tanda anggota Nahdlatul Ulama (Kartanu) yang tidak sekadar kartu, tetapi juga bisa digunakan untuk transaksi digital dan lain sebagainya.

Setelah pengambilan sumpah Petugas Sensus NU, dilanjutkan dengan acara bedah buku “JEJAK DAKWAH ULAMA NUSANTARA MENELUSURI PERJUANGAN , KETELADANAN ULAMA PEKALONGAN”yang disusun oleh LAKPESDAM PCNU Kota Pekalongan, dengan editor  Dr. K. H. Arif Chasanul Muna Lc. MA.

Bedah buku  kali ini menghadirkan Rois Syuriah PCNU Kota PekalonganK. H. Zakariya Anshor sebagai Key Not Speaker, selaku pembahas adalah Katib Syuriyah K.H. Hasan Suaidy. M.Si dan Ribut Achwandi. M.Hum serta sejarawan Mohammad Dirhamsyah.

Buku ini mencoba memotret kehidupan para ulama di Pekalongan, tujuannya untuk mendapatkan pelajaran berharga dari sejarah kehidupan mereka,  perjalanan hidup orang orang salih  dari mulai kecil hingga wafat mengandung banyak pelajaran mulia. Agar kita dapat mengingat kembali, mengenang, menghargai dan meneladani perjalanan dan perjuangan ulamaterhadap agama, umat,  dan bangsanya.

(Eddy. S / Istiadi )

Leave a Reply