LSM Kendal ingatkan Dewan baru agar bela Rakyat

Kendal-DJ. Belum sepekan Anggota DPRD Kendal dilantik, Puluhan Aktivis LSM Kendal justru sambangi Gedung Dewan sebagaimana yang dilakukan Jaringan Aktifis dan Rakyat Kendal (JARAK) yang langsung ber Audensi dengan DPRD Kabupaten Kendal. (Senin, 19/8) . Dan Mereka diterima langsung oleh Ketua DPRD sementara, Makmun serta Wakilnya, Suyuti di Aula DPRD Kendal.

Dalam sambutannya Makmun mengapresiasi kegiatan ini,” langkah awal untuk kebaikkan bersama demi kendal lebih baik.,” ujarnya. Sementara Ketua JARAK , Imam Subagyo menyampaikan beberapa saran dan kritiknya ,” Agar kinerja Anggota dewan yang baru ini lebih baik daripada tahun yang lalu, ” ungkapnya. Bahkan Imam juga agar DPRD kedepan lebih progresif dalam membuat produk legalisasi yang pro rakyat. seperti pembahasan Perda RTRW yang molor hingga kini tidak jelas dan belum selesai ,” itu khan banyak menghamburkan uang rakyat, juga Dewan.harus bebas dari Radikalisme, Korupsi dan.Narkoba ,” imbuhnya.

Selanjutnya Imam juga meminta Dewan agar turut menyelesaikan permasalahan BPJS yang sering dikeluhkan.Rakyat,” Perlu adanya penanganan serius dari berbagai pihak atas persoalan BPJS yang menjadi kebutuhan mendasar ‘Rakyat,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut Makmun berterima kasih atas kritik dan saran yg representatif dan konstruktif mengenai rencana Perda RTRW memang diakui masih terbentur dengan aturan keppres, juga terkait paham radikalisme agar hal ini perlu kewaspadaan dari seluruh komponen “memang ini isu sensitif dan memang ada, makanya agar ada pembelajaran dan metode di sekolah2 untuk mensosialisasikan di setiap sekolah atas bahayanya Radikalisme,” tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakilnya, Suyuti yang juga menyinggung Kungker,” memang ini sudah diatur oleh peraturan akan tetapi kedepannya untuk kegiatan kunker memang harus ada relevansi dengan kondisi daerahnya,” ujarnya. Dan Suyuti juga mengamini persoalan kegagalan perda RTRW hingga kini belum selesai, dan suyuti juga menepis isu terkait perda RTRW ada oknum yang terima uang Rp.6 milyar,” itu tidak benar. sedangkan untuk BPJS kedepannya agar ada skala penanganan yang lebih baik Dia akan memanggil berbagai pihak untuk koordinasi agar persoalan penanganan BPJS lebih baik.ungkapnya.

Ditempat terpisah Sekretaris Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Jateng, Rahmat Da’wah mengapresiasi atas respon para Aktivis Kendal yang telah lebih cepat untuk melakukan kontrol terhadap Dewan Baru dengan cara-cara Legal, santun dan cerdas,”‘Saya salut dengan Para Aktivis Kendal yang sudah lebih dulu mengingatkan Dewan baru agar bisa bekerja dengan baik untuk Rakyatnya,” ujarnya.

Selanjutnya Rahmat juga berharap agar Dewan Baru lebih Aspiratif dan mampu membumikan semua janjinya untuk terus membela Rakyatnya,” Ya semoga Dewan Baru.mampu bekerja lebih baik dan banyak melibatkan Aktivis serta stakholder lainnya dalam melakukan Pembahasan di Dewan, Insya Allah Kendal bisa lebih.baik dan bermartabat,” tandasnya.

(TIM)

Leave a Reply