DPRD Kendal Bantah Tuduhan Potong Anggaran OPD

dprd kendal
dprd kendal

KENDAL- delikjateng.com . Ketua DPRD Kendal, Prapto Utono membantah tudingan pihak Bupati Kendal, atas adanya pemotongan anggaran terhadap para Organisasi perangkat Daerah (OPD) di APBD Kendal Tahun 2018 yang dinilainya tidak berdasar Rencana Kerja dan menyalahi amanat rakyatnya. Apa yang dilakukan dewan guna pemerataan anggaran untuk semua wilayah Kabupaten Kendal.

“Jadi bukan pemotongan, tapi penyelamatan anggaran agar bisa merata bagi semuanya,” jelas Prapto, Rabu, (22/11).

Prapto menegaskan, jika dana tersebut memang dialihkan untuk pembangunan jalan lainnya yang masih membutuhkan, karena Anggaran untuk infrastruktur jalan semuanya hanya Rp 40 Miliar, kemudian ditemukan ada proyek jalan sidomukti ke surokonto habiskan dana Rp 21 Miliar.

“Makanya anggaran yang terlalu besar tersebut dialihkan ke proyek jalan lainnya, dan itu hak lembaga kami agar tidak ada monopoli anggaran,” tandasnya.

Senada juga disampaikan Anggota DPRD Kendal lainnya, Aminuddin menegaskan jika pihaknya hanya melakukan save atas beberapa proyek yang ada di OPD untuk dialihkan ke proyek infrastruktur di wilayah lainnya. ” Ini hanya mengalihkan dana untuk pemerataan saja dan itu pun sesuai Renja Kendal,” ungkap Aminuddin.

Sementara itu Sekda Kendal, M. Toha saat dikonfirmasi terkait adanya pemotongan anggaran para OPD Kendal menjelaskan, pihaknya masih rapat dengan TAPD Kendal.

Diperoleh keterangan lain, APBD Kabupaten Kendal Tahun 2017 sekira Rp 2 Triliunan yang diantaranya untuk anggaran Infrastruktur jalan sebesar Rp 40 Miliaran. Namun ditemukan ada salah satu ruas jalan yang anggarannya menelan sebesar Rp 21 Miliar, yang diduga selama jalan tersebut sering dilewati Truk pengangkut hasil tambang galian C yang tidak terlalu prioritas pembangunannnya.

Padahal proyek Tahun 2017 ini saja ada 332 proyek yang masih belum jelas hasil pelaksanaannya.

(tim biro kendal)

Leave a Reply