DPC HPI Kendal Gelar Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Pariwisata

Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Kerja bidang Kepemanduan wisata
Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Kerja bidang Kepemanduan wisata

KENDAL, delikjateng.com – 23 Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI) Kendal, menggelar kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Kerja bidang Kepemanduan wisata selama dua hari ( tgl 22 -23 Oktober 2017) di Aula rapat Rumah makan Aldila Kendal.

Acara fasilitasi sertifikasi ini sendiri adalah program dari kementrian pariwisata bekerjasama dengan (BNSP) Badan Nasional Sertifikasi Profesi, sedangkan Team Asesor penguji berasal dari LSP Pramusindo .

Kegiatan tersebut di hadiri dan sekaligus di buka oleh Dinas Kepemudaan , Olahraga dan Pariwisata Kendal yang di wakili oleh Kepala Bidang Pariwisata Mardi .M.par, S.par.

Dalam sambutanya Mardi menyampaikan pentingnya sertifikasi sektor kepemanduan pariwisata tersebut, mengingat persaingan usaha yang semakin maju, sehingga para penggiat pariwisata harus terus mengikuti tuntutan jaman. ” Di era yang semakin kompetitif ini seorang Pramuwisata harus multi talenta ,ini adalah kesempatan menambah resorcses atau kemampuan agar bisa memajukan pariwisata di kendal,” katanya.

Kegiatan sertifikasi ini terbatas untuk 20 orang yang diikuti oleh sejumlah pegiat wisata dari berbagai elemen pegiat wisata di Kabupaten Kendal, antara lain, Pokdarwis , Duta wisata, Tour N Travel juga pegiat wisata lokal .

Seperti di jelaskan oleh Ketua DPC HPI Kendal, Syarif, kegiatan ini adalah kesempatan baik untuk para pelaku dan pegiat wisata di Kendal, sebagai legal formal dalam melaksanakan pendampingan dan promosi wisata di Kendal.

” Kegiatan sertifikasi ini adalah untuk legal formal kawan-kawan pemandu wisata di lapangan, kita ibaratkan ini adalah SIM untuk seorang sopir, karena banyak kasus terjadi yang di alami oleh kawan-kawan pelaku usaha Tour N Travel , tamunya menggagalkan kunjungan ke Kendal karena belum adanya sertifikasi, atau kompetensi yang tidak menjamin,” tambahnya.

Dengan sertifikasi ini Syarif juga berharap para pemandu wisata kendal dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan di lapangan. ” Dengan sertifikasi ini di harapkan akan membuka kebuntuan yang selama ini terjadi , pengunjung wisata dari luar Kendal bisa meningkat. Tentunya kawan-kawan pemandu wisata sendiri juga harus terus menambah ilmu dan kemampuan dalam memberikan servis kepada pengunjung maupun dalam mempromosikan tempat -tempat wisata yang ada di Kendal ,” tutupnya.

(Arno)

Leave a Reply