DLH PEMKOT PEKALONGAN Kiatkan Gerakan Pilah  Sampah

Kondisi sekarang TPS Sampah di Perintis Kemerdekaan yg sudah tertib dan teratur

Pekalongan, delikjateng.com – Sebagaimana telah diberitakan Delik Jateng beberapa hari yang lalu tentang pengelolaan sampah di TPS Perintis Kemerdekaan yang kurang teratur, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan telah menyikapi adanya keluhan masyarakat tentang keberadaan Tempat Pembuangan Sampah yang berceceran di Jalan Perintis Kemerdekaan berdekatan dengan Puskesmas Dukuh.

Kini kondisi jalan perintis Kemerdekaan sudah teratur dan tertib. Dengan mengerahkan tenaga kebersihan dan Armada pengangkut Sampah secara intensif. Mengingat volume Pembuangan sampah dari masyarakat setiap hari memang banyak sekali maka perlu setiap hari sampah harus tuntas habis terbuang di TPA. dengan Truk sampah DLH secara rutin.

Upaya selanjutnya untuk memerangi sampah tersebut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan, mengajak masyarakat berpartisipasi mengurangi sampah. Salah satunya dengan memaksimalkan keberadaan Bank Sampah dan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS-3R). Karena Bank Sampah cukup efektif sebagai solusi mengatasi krisis sampah. Bank sampah dan TPS-3R dioptimalkan untuk mereduksi sampah di tingkat rumah tangga.

Program ini bila dilakukan oleh masyarakat niscaya akan mampu mengurangi beban atau volume sampah yang terkirim ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di kota Pekalongan, yang sementara ini overlod sehingga masyarakat juga tergugah kesadarannya dalam mengelola sampah. “Jika kesadaran akan kebersihan dan pengelolaan sampah sudah baik, tentu volume sampah bisa berkurang .

Gerakan pilah sampah dari rumah bisa mulai digencarkan untuk membangun kesadaran masyarakat memilah sampah rumah tangga, antara lain sampah organik dan yang bisa didaur ulang. “Sampah yang sudah dipilah akan dikumpulkan ke bank-bank sampah. Di sana, sampah bernilai ekonomi seperti botol plastik, kardus dan lain-lain bisa dijual.

Selama edukasi pemilahan sampah ini belum berhasil dilakukan masyarakat, beban sampah dari TPS ke TPA akan semakin berat. Pengoptimalan keberadaan Bank Sampah dan TPS-3R ini harus terus disosialisasikan ke masyarakat. Melalui kelurahan hingga RW/RT. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan Teguh Prabowo Agung, SH kepada Media Delik (18/1/2021)

(Istiadi / Eddy.S )

Leave a Reply