Disdik ” Wajibkan ” Para Siswa Ikut Wisata Di Pantai Cahaya

obyek Wisata Pantai Cahaya
obyek Wisata Pantai Cahaya

KENDAL,delikjateng.com – Dinas Pendidikan Kendal melalui Kepala UPTD dibeberapa kecamatan, mewajibkan para siswanya dari beberapa sekolah agar mengikuti wisata di Pantai Cahaya Sendang Sekucing, Kecamatan Rowosari, Kendal, dengan membayar Rp 30 ribu setiap orangnya.

Hal ini terungkap melalui surat dari salah satu UPTD Disdik di Kendal bernomor 4*./*/**.2017 yang mewajibkan setiap sekolah di Wilayahnya agar mengirimkan siswanya mengikuti wisata di Pantai Cahaya dengan membayar Rp 30 ribu dan melaporkan hasilnya.

Intruksi yang terkesan janggal ini dikeluhkan banyak wali murid, termasuk dari Aktivis Anti Korupsi Jateng, Mashudi. Dia menyayangkan sikap Dinas Pendidikan yang diduga telah mengorbankan institusinya guna kepentingan pihak pengusaha wisata.

“Disdik giring para siswa Kendal berwisata di Pantai Cahaya. Pantai Cahaya itu milik siapa dulu yang harus kita cari tahu ? Kalau itu milik Obyek Wisata Pemda Kendal, sah sah saja, untuk mendongkrak PADS Kabupaten Kendal,” ujarnya

Namun sebaliknya, jika obyek Wisata tersebut milik pihak lain, maka Mashudi mempertanyakan maksud dan tujuan memberikan Intruksi tersebut. “Diduga ada indikasi Kolusi antara Pemilik Pantai Cahaya dengan Dinas Pendidikan Kendal,” imbuh Pria yang juga pengacara ini.

Belakangan banyak para siswa dari sekolah PAUD,TK dan Sekolah Dasar (SD) secara masip melakukan kunjungan wisata di Pantai Cahaya Sendangsekucing dengan biaya transportasinya dibebankan kepada masing-masing peserta.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Agus Rifa’i saat dikonfirmasi tidak banyak berkomentar. Hanya menyarankan agar ditanyakan ke tempat wisata atau kepada UPTDnya. “Langsung ke WSI saja. Atau di UPTD.dari pihak dinas tidak ada intruksi,” ungkapnya.

 (Lendra/Novi)

Leave a Reply