Sidak Gas LPG Bersubsidi

Pertamina bersama dengan Stakeholder terkait menyidak penggunaan gas lpg 3 kilogram

TEMANGGUNG, Delikjateng.com – tim monitoring dari Pertamina. Polres dan Pemkab Temanggung, rabu (21/8) siang melakukan inspeksi mendadak untuk memastikan penggunaan elpiji bersubsidi. Dalam sidak tersebut, petugas menemukan usaha makro dan rumah makan masih menggunakan gas melon ukuran tiga kilogram. Oleh petugas tabung elpiji tersebut langsung diamankan, untuk kemudian ditukar dengan bright gas ukuran 5,5 kilogram.

Tim monitoring dari Pertamina, Polres, dan Pemerintah Temanggung menggelar sidak di beberapa usaha makro dan rumah makan, dalam sidak tersebut petugas meneukan pemilik usaha makro dan rumah makan. Dalam sidak tersebut petugas menemukan pemilik usaha makro dan rumah makan masih menggunakan elpiji ukuran 3 kilogram, yang merupakan barang bersubsidi.

Atas temuan tersebut, petugas langsung mengamankan tabung tersebut kemudian ditukar dengan Bright gas ukuran 5.5 kilogram.

Sales Eksekutif LPG 8 Kedu, Dimas Aji mengatakan, pemakaian elpiji bersubsidi di kalangan industri menjadi salah satu penyebab kelangkaan di masyarakat. Karena dalam sehari pelaku usaha makro dan rumah makan menggunakan 10 hingga 15 tabung elpiji 3 kilogram.

“dari pertamina sendiri, kalo menemukan pelaku usaha makro masih menggunakan gas elpiji bersubsidi akan dilakukan tret-in, menarik tabungnya, namun jika masih menggunakan maka akan disita ” katanya.

Dengan kegiatan monitoring ini, penyaluran dan penggunaan elipi 3 kilogram tepat sasaran, sehingga masyarakat miskin yang memang berhak menggunakan tidak kesulitan mendapatkan elpiji.

Seorang pengusaha cattering, Slamet Mulyono mnengatakan, masih membutuhkan tabung kecil untuk digunakan di gedung – gedung saat ada acara supaya penggunaan bisa lebih rapi dan lebih praktis jika di pindah tempat

“mulai hari ini kita selesai dan tidak akan menggunakan atau memakai tabung kecil lagi. Kita menggunakan tabung kecil bukan karena harga yang lebih murah melainkan karena kepraktisan dan tidak memakan banyak tempat saat digunakan dalam acara” katanya.

( Suchafif)

Leave a Reply