Pisang Unik, Bertandan 4 dan Berjantung 5

Pisang Unik, Bertandan 4 dan Berjantung 5.   foto:suchafif nur rahman
Pisang Unik, Bertandan 4 dan Berjantung 5. foto:suchafif nur rahman

TEMANGGUNG, delikjateng.com – Pohon pisang milik Suhartono (48) ini memang tergolong tidak lazim. Selain yang bertandan 4, juga memiliki 5 jantung pisang, sehingga tak urung pohon yang ada di Dusun Badran, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung itu menjadi daya tarik warga.

Dalam beberapa hari terakhir banyak warga mendatangi pohon pisang setinggi 2,5 meter itu. Umur pohon sekitar satu tahun, dan tumbuh subur layaknya tanaman disekitarnya.

Kepada jurnalis delikjateng.com, Suhartono saat di temui pada hari Jumat (29/09) di kebun miliknya megatakan, awalnya ia tidak percaya bahwa pohon pisang miliknya memiliki keunikan yang tidak lazim setelah diberitahu oleh warga sekitar. Padahal sehari sebelumnya ia memetik pisang yang sudah matang di sekitar wilayah tersebut, tapi tidak begitu meperhatikan pisang unik itu.

“ Dulu pernah berbuah dua tandan dalam satu pohon, tapi itu sudah lama sekali. Selama ini saya berada di Jogja jadi tidak mengetahui jika ada yang unik seperti ini,” katanya.

Banyak warga tertarik melihat pisang unik (foto suchafif nur rohman)
Banyak warga tertarik melihat pisang unik (foto suchafif nur rohman)

Banyak warga yang berbondong-bondong untuk menyaksikan fenomena tersebut, bahkan dari luar desa. ”Menurut saya unik sekali, baru kali ini melihat jantung pisang lima sekaligus,” kata Rasmi (48) warga Nguwet

Jenis dari pisang ini adalah Rojo Lumut, yang memiliki rasa seperti pisang Ambon. Hanya saja kulit tidak bisa berwarna kuning menyeluruh, dan permukaan yang sedikit kasar.

Rencana Suhartono ingin membuatkan pagar keliling di sekitar pohon, harapannya supaya pisang tersebut tidak rusak. Dan buahnya dapat masak atau matang dengan sempurna.(suchafif nur rohman)

Leave a Reply