Melihat Lomba Tarik Wales di Wonosobo

WONOSOBO, delikjateng.com – Tarik tambang, merupakan olah raga tradisional yang biasa digelar di berbagai daerah. Tapi kalau lomba tarik wales, sebuah alat berat yang sering digunakan untuk pengeras jalan, itu baru luar biasa.

Peristiwa itu digelar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruanf (DPU PR) Wonosobo pada Senin (4/12) siang. Para petugas dinas tersebut sengaja dikerahkan untuk meneriahkan lomba tersebut. Setiap tim harus cepat dan kuat untuk bisa lebih dahulu membawa wales itu sampai garis finis.

Yang unik, justru ketika peserta menghentikan alat berat itu setelah mencapai finis. Karena mesin wales dumatikan, sulit untuk menghentikannya jika berjalan, sehingga banyak peserta sampai kwalahan menghentikannya.

Apalagi, tidak ada latihan khusus sebelumnya untuk mengikuti lomba itu. ” Begitu diumumkan ada lomba, kami langsung ikut. Tak ada latihan sebelumnya,” kata Triyanto, seorang peserta.

Lomba tarik Wales itu diikuti masing-masing sub instansi di DPU PR. Masing-masing tim diperkuat 10 personil. Mereka harus menarik wales seberat 6 ton itu dalam jarak 20 meter. Akhirnya, tim Triyanto tersebut bisa mengungguli tim tim lain dalam menempuh waktu paling cepat.

Kepala DPU PR Wonosoco, Widi Purwanto mengemukakan, lomba tarik alat berat itu untuk memeriahkan Hari Bhakti Pekerjaan Umum yang jatuh pada 3 Desember kemarin. Berikut suasana yang berhasil diabadikan tim jurnalis delikjateng.com dari Wonosobo.

Lomba Tarik Wales di Wonosobo
Aba-aba sebelum berangkat (foto delikjateng)

 

Lomba Tarik Wales di Wonosobo
Adu kuat untuk bisa mendahului tim lain (foto delikjateng)

 

Lomba Tarik Wales di Wonosobo
Selain tenaga, perlu kekompakan untuk bisa berjalan lebih cepat (foto delikjateng)

(narto)

Leave a Reply