Kawanan Pecuri Spesialis Sapi Tertangkap

Tersangka dan barang bukti sebuah truk diamankan di Polres Temanggung (foto suchafif)
Tersangka dan barang bukti sebuah truk diamankan di Polres Temanggung (foto suchafif)

TEMANGGUNG, delikjateng.com – Kawanan spesialis pencuri sapi ditangkap petugas Polres Temanggung, dalam kegiatan ops sikat candi yang berlangsung selama 3 minggu. Dua tersangka diamankan polisi, tiga lainya dalam pengejaran.

Dua tersangka adalah Joko Sunyoto (39) warga Dusun Tentrem Desa Rowo Kecamatan Kandangan. serta Arta Eriyanto alias Erik Desa Wadas Kecamatan Kandangan sebagai supir truk.Kawanan terdiri dari 5 orang mengendarai mobil truk dengan No Pol AA-1900-CE, mencuri seekor sapi betina jenis semental berwarna coklat kemerah-merahan milik Amin Suratno (50) warga Lungge Lungge Temanggung.

Awalnya tersangka mencongkel pintu kandang dengan menggunakan parang. Mereka masuk kandang dan mengambil seekor sapi betina, kemudian sapi tersebut di muat ke dalam truk.

Pelaku mengaku hasil curiannya dibawa ke pasar Kajen Pekalongan. “ Saya hanya mengantarkan sapi dan mendapatkan upah upah Rp. 2.000.000 berserta trasnspotnya” kata Erik yang berperan sebagai supir truk

Para pelaku mendapatkan agian berfariasi antara Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 tergantung dengan perannya masing-masing “ terakhir kali mencuri saya hanya mendapatkan bagian Rp. 1.800.000 dan itupun saya tidak tahu di jual dimana dan laku berapa” ujar Joko Sunyoto

Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo mengatakan, tersangka melakukan pencurian di bulan febuari 2015 dan sampai saat ini sudah sebanyak 11 kali. “Pencurian terakhir di Lungge dan di Kandangan”

Dari tangan tersangka polisi mengamankan 1 unit truk dengan No Pol AA-1900-CE dan 1 lembar STNK truk tersebut, dan masih ada satu truk lagi yang masih di Bengkel yang di gunakan para tersangka. Atas perbuatan tersebut polisi akan menjerat tersangka dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman selama-lamanya 7 tahun penjara.(suchafif nur rohman)

Leave a Reply