Jalan Amblas, Akses Temanggung – Wonosobo – Kendal Terhambat

lokasi amblas

TEMANGGUNG,delikjateng.com – Akses jalan penghubung antara Dusun Balong dan Dusun Pringwulu, Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Temanggung amblas akhir pekan kemarin. Jalan yang juga menjadi jalur alternatif Kendal-Wonosobo itu amblas usai hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Warga setempat, Muslih Sulaiman (50) me‎ngatakan, amblesnya jalan tersebut dengan kedalaman setengah meter dan panjang sekitar 25 meter. Serta menggerus lebih dari tiga per empat badan jalan, membuat aktivitas dan mobilitas warga yang mayoritas petani menjadi terhambat.

Namun, ia bersama warga sekitar berinisiatif untuk mengepras tebing yang ada sisi jalan yang tak amblas, agar jalur tersebut tetap bisa dilewati.

” Sementara kendaraan kecil masih bisa, tapi kalau bawa yang berat berat tidak bisa, tanahnya sangat labil” ujarnya.

Sementara, untuk mengangkut hasil panen menggunakan kendaraan roda empat, warga harus mengambil jalur memutar.
Menurutnya, jalur memutar membuat jarak tempuh menjadi lebih jauh, lebih dari 25 kilometer (Km).

“Untuk mengangkut hasil panen, warga harus memutar lebih dari 25 sampai 30 Km, sehingga ongkos angkut membengkak,” katanya.

Ia berharap, pemerintah segera memberi perhatian dan memperbaiki jalur tersebut. Bila tidak, menurutnya, itu akan menghambat aktivitas, mobilitas, serta roda perekonomian warga setempat.

” Karena jalan muter harus tambah biaya, semisal harga kobis yang seharusnya seribu menjadi tujuh ratus kalau jalannya begini. Nanti kan petani juga yang merugi” katanya.

Ditambahkan, selain lokasi longsor yang telah diperbaiki seadanya oleh warga, terdapat beberapa titik rawan longsor lain sepanjang jalur tersebut‎.

Menurut dia, setidaknya masih terdapat 10 titik rawan longsor lain yang juga butuh perhatian. “Ya bagaiamanapun kami tetap melakukan perbaikan seadanya, kalau tidak begitu kita tak bisa pergi ke sawah-ladang,” tuturnya.

Terpisah, Kapolres Temanggung, AKBP Wiyono Eko Prasetyo melalui Kapolsek Tretep, Iptu Sutarno, mengatakan pihaknya sudah mendatangi lokasi dan retakan tersebut terus bertambah

Berdasarkan laporan, longsor tersebut terjadi pada tengah malam. “Sudah kami beri police line, agar warga hati-hati saat melintas,” ujarnya.

(Suchafif)

Leave a Reply