Enam Partai Baru di Temanggung

pemilu 2019

TEMANGGUNG,delikjateng.com – Sistem informasi partai politik (SIPOL) mencatat ada beberapa partai baru yang masuk di Kabupaten Temanggung. Namun parpol baru tersebut belum seluruhnya mengunggah data secara lengkap untuk pendaftaran di tingkat kabupaten menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Diantaranya Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Idaman, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Yami Blumut menjelaskan, selain parpol tersebut, yang sudah masuk data sipol adalah 12 partai lama dan sudah memiliki kursi di DPRD Temanggung. Seperti PDIP, PKB, PAN, PPP, PKS, Gerindra, Golkar, Nasdem, dan Hanura.

Yami menambahkan, parpol-parpol baru tersebut belum seluruhnya mengunggah data secara lengkap untuk pendaftaran di tingkat kabupaten menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

“Partai Perindo, kemarin sempat membawa berkas pendaftaran ke kantor KPU, tapi kami tidak menerima karena belum lengkap. Kami minta agar berkas diperbaiki terlebih dahulu,” ungkap Yami.

Adapun untuk PSI, hingga saat ini masih belum memenuhi batas minimal jumlah anggota sebanyak 769 orang. Jumlah itu merupakan satu per 1.000 jumlah penduduk di Kabupaten Temanggung.

Untuk Partai Garuda sudah menampilkan data anggota, tapi belum ada data kepengurusan. Sedangkan Partai Idaman sudah ada data kepengurusan, tapi belum ada data anggotanya.

“Untuk parpol yang sudah ada data anggotanya, sudah terlihat, tapi belum bisa kami verifikasi karena belum masuk tahapan nya,” ujar Yami.

Dari semua parpol, baik lama maupun baru, hingga saat ini belum ada yang menyerahkan daftar persyaratan pendaftaran parpol tingkat kabupaten, seperti KTA, KTP, dan status kantor parpol. Hanya Partai Nasdem yang sudah mengkonfirmasi akan menyerahkan data itu pada 13 Oktober mendatang, lanjut Yami.

“Untuk pendaftaran parpol akan kami layani hingga tanggal 16 oktober 2017 puluk 24:00 WIB” ujar Yami (suchafif nur rochman)

Leave a Reply