Hampir Setahun, Beton Jalan Tirto Aji Belum Tuntas

jalan beton

WONOSOBO, delikjateng.com – Kondisi Jalan Tirto Aji, Kota Wonosobo dikeluhkan pemakai jalan. Karena hanya dibeton separuh, sehingga menyulitkan pengendara yang melintas, khususnya pada jalan yang belum ditinggikan.

Kondisi semacam itu sudah terjadi sejak 2016 lalu. Pemerintah Daerah Wonosobo hanya melakukan pembetonan jalan satu sisi saja, sementara untuk sisi lainnya masih dibiarkan rusak dan mengganggu mobilitas warga pengguna jalan.

“ Karena separo jalan rusak, sejumlah pengguna jalan ada yang terpaksa mengambil sisi jalan yang dibeton, sehingga melawan arus dan membahayakan,” tutur sejumlah warga.

Menurut Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Wonosobo, Afton Riza F , terkait pembangunan jalan tersebut, Pemda melakukan kerja sama dengan PT Tirta Investama, produsen Aqua Wonosobo.

“ Perusahaan itu sepakat kalau jalan itu sering rusak karena dilalui kendaraan bertonase tinggi milik Aqua, sehingga disepakati pembangunan jalan dilakukan separuh-separuh,” ujarnya.

“ Pemda telah melakukan pembetonan satu sisi jalan sepanjang 196 meter pada akhir 2016 lalu. Sisanya satu sisi menjadi tanggung jawab Aqua. Dan mereka komitmen bakal melakukan pengerjaan pembetonan satu sisi di Jalan Tirto Aji,” tambahnya.

Dengan penjelasan itu, berarti sisa pembangunan jalan menjadi tanggungjawab PT Tirta Investama. Namun setelah hampir satu tahun, belum ada tanda-tanda akan dimulainya pengerjaan proyek tersebut.

Sementara itu Koordinator CSR Aqua Wonosobo, Anis Fuad menyebutkan, terkait pembangunan satu sisi Jalan Tirto Aji Wonosobo bakal sesegara mungkin dilakukan. Untuk melakukan pembangunan tersebut, mengedepankan kehati-hatian dalam penyusunan terkait Memorandum of Understanding (MoU)-nya.

“Kami hanya melangkah hati-hati saja untuk MoU-nya. Setelah dilakukan kesepahaman, pembangunan akan kami lakukan secepatnya,” ujar dia.

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan