E-Tilang di Temanggung Mulai di Berlakukan

Petugas memantau melalui monitor dan menegur kendaraan yang melanggar peraturan berlalulintas

TEMANGGUNG, Delikjateng.com – Sistem tilang elektronik atau electronic traffic Law enforcement mulai ditetapkan satuan lalu lintas Polres Temanggung, Jumat (13/10) sebanyak 5 sisi tv telah dipasang di sejumlah titik Jalan Utama.

Polres Temanggung bahwa pada saat ini sudah punya management center dan punya beberapa perlengkapan cctv yang sudah di tempatkan di beberapa simpang kota. Di wilayah Temanggung di tempatkan di simpang tiga Maron, simpang empat BCA, simpang empat Terminal, pasar kota, dan pertigaan Kranggan.

Kapolres Temanggung AKBP Eko Prasetyo Jumat pagi menuturkan sistem kerja e tilang dengan teknologi kamera canggih dapat mendeteksi plat nomor kendaraan dan menyimpan bukti pelanggaran sehingga mampu merekam secara otomatis pelanggaran yang dilakukan pengendara roda dua maupun roda empat. Seperti melebihi garis berhenti, melanggar lampu lalu lintas, dan melanggar marka jalan.

“tilang elektronik akan ada konfirmasi apabila itu memang tidak sesuai dengan pengendara dan yang lainnya nanti pada saat pajak kemungkinan ada sesuai dengan mekanisme kalau konfirmasinya itu tidak ada konfirmasi setelah surat tilang dikirim kepada alamat tujuan nanti akan ada blokir sementara untuk STNK nya, jadi pada saat nanti mengurus pajak disitu akan dikonfirmasi lagi oleh petugas terhadap pemegang kendaraan” katanya.

Dari data perekaman itu nantinya dapat diketahui informasi kendaraan yang terkena tilang mulai dari plat nomor kendaraan, tanggal penilangan, hingga jenis kendaraan.

Penerapan e tilang ini merupakan cara ampuh pihak kepolisian melakukan penegakan hukum dan penyelesaian pelanggaran lalu lintas selain itu juga meminimalkan penyalahgunaan wewenang petugas di lapangan bahkan ke depan penerapan tilang elektronik ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pemilik kendaraan bermotor agar Tertib Berlalu Lintas.

(Suchafif)

ads

Related posts

Tinggalkan Balasan