Longsor Tutup Jalan Matenggeng

jalan matenggeng
jalan matenggeng

CILACAP, delikjateng.com – Jalan di Desa Matenggeng, Kabupaten Cilacap, tertutup tanah longsor. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (21/11) pukul 01.00 WIB akibat tingginya intensitas hujan di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan, berdasarkan laporan yang dia terima, longsor terjadi di Dusun Sikluk RT 02 RW 08, Desa Matenggeng, Kecamatan Dayeuhluhur. ” Material longsoran menutup ruas jalan antardusun dengan panjang 12 meter dan tinggi 4 meter,” katanya.

Sejauh ini tidak dilapirkan menimbulkan korban. “Pagi ini dilakukan kerja bakti untuk menyingkirkan material longsoran,” katanya.

Selain longsor di Desa Matenggeng, tanah bergerak juga dilaporkan terjadi di Dusun Garunggang RT 04 RW 04, Desa Negarajati, Kecamatan Cimanggu, akibat hujan lebat dan kondisi tanah yang labil.

Pergerakan tanah menyebabkan tanah pekarangan samping rumah warga ambles dengan kedalaman 1 meter, panjang berkisar 20-30 meter, dan lebar 10 meter. Kejadian itu mengakibatkan rumah milik Surtono dan Mudiyanto terancam ambles serta tebing samping Masjid Almuhajirin longsor dengan panjang 15 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 3 meter.

“Kami telah berkoordinasi dengan Forkompimca (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Cimanggu untuk pengecekan lokasi dan pendataan. Selain itu, dilakukan kerja bakti untuk menutup retakan tanah dan menyingkirkan material longsoran,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat Kabupaten Cilacap khususnya yang bermukim di wilayah rawan longsor dan pergerakan tanah seperti Kecamatan Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang, Cimanggu, Karangpucung, Cipari, dan Jeruklegi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana itu karena intensitas hujan masih tinggi.

(tim biro banyumas)

Leave a Reply