11 Desa Dikepung Banjir

Ilustrasi banjir di Cilacap
Ilustrasi banjir di Cilacap

CILACAP, delikjateng.com – 11 desa di empat kecamatan wilayah Cilacap, dikepung banjir. Musibah itu akibat hujan yang mengguyur dalam tiga hari belakangan. Dilaporkan sedikitnya 157 warga mengungsi akibat banjir itu.

Desa-desa itu berada di Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Gandrungmangu, dan Wanareja. Salah satu daerah terparah terendam air adalah Dusun Cibenon, Desa Sidareja, Kecamatan Sidareja.

Di Cibenon, dilaporkan ketinggian air mencapai 1,8 meter. Air setinggi itu juga menggenangi pekarangan warga yang berbatasan dengan Sungai Cibeureum.

” Bahkan banyak yang masuk rumah dengan ketinggian air 60 sentimeter sampai dengan 1,2 meter,” kata sejumlah warga.

Akibatnya banyak warga harus meninggalkan rumah, mengungsi di sejumlah tempat seperti Gedung Koramil Sidareja. Di Koramil Sidareja, sudah 55 jiwa yang mengungsi. Lainnya 37 jiwa ditampung di Aula Kecamatan Sidareja, sisanya berada di Panti Asuhan Kasih Sepanjang Masa dan Balai RT Desa Sidareja.

Air mulai merendam pekarangan warga sejak Selasa (19/12) siang, terus bertambah tinggi sore hari, saat hujan lebat kembali turun. Sore harinya mulai masuk ke rumah warga.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan, telah menyalurkan bantuan logistik bagi warga yang mengungsi.(*)

Leave a Reply