Bantuan Dusun dilounching Bupati Kendal untuk memenuhi janji Kampanyenya

Kendal-DJ. Bupati Kendal, Dico M Ganindito langsung memenuhi janji kampanyenya dengan memberikan Batuan Keuangan Khusus Dusun Rp 100 juta – Rp 300 Juta Perdusun dan 1 Juta Santunan Kematian di Kabupaten Kendal. Hal ini ditandai dengan melaunching program pemerintah Kendal tersebut yang dipusatkan di Balai Desa Karangtengah, Kecamatan Kaliwungu, Senin (7/6/2021).

Dalam giat lounching tersebut Bupati Kendal, Dico M Ganindito didampingi Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, beserta Forkopimda, Forkopimcam Kaliwungu dan Pemerintah Desa Karangtengah.

 

Bupati Kendal dalam sambutannya mengatakan, program Dana Dusun Rp 100 juta – Rp 300 juta per dusun per tahun ini adalah perwujudan dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal.

 

“Tentunya dengan program kami ini diharapkan, bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, khususnya dalam hal program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

 

Dijelaskan, terkait pelaksanaan program dana dusun, pihaknya akan mengupayakan dan dirapatkan dengan dinas terkait, serta dilaksanaan di tahun 2022.

 

“Jadi terkait dana dusun pastinya kita akan menyesuaikan permasalahan yang ada di dusun dalam suatu desa. Tapi kebanyakan terkait dengan infrastruktur, nanti ada juga terkait UMKM, pendidikan dan operasional,” jelasnya.

 

Untuk saat ini, lanjut Dico, progam Rp 100 juta – Rp 300 juta per dusun per tahun baru dalam tahap pilot project, yang diberikan kepada 19 dusun di 19 kecamatan di Kabupaten Kendal.

 

Dipaparkan, ke 19 dusun tersebut di antaranya, Dusun Blumah-Plantungan, Dusun Petung-Pageruyung, Dusun Kalibogor-Sukorejo, Dusun Sukomangli-Patean, Dusun Cacaban-Singorojo, Dusun Jatisari-Limbangan, Dusun Medono-Boja, Dusun Karangtengah-Kaliwungu dan Dusun Penjalin-Brangsong.

 

“Selanjutnya, Dusun Pekuncen-Pegandon, Dusun Sedayu-Gemuh, Dusun Payung-Weleri, Dusun Karangsuno-Cepiring, Dusun Magersari-Patebon, Dusun Randusari-Rowosari, Dusun Gembonganom-Kangkung, Dusun Mojo-Ringinarum, Dusun Bojonggede-Ngampel dan Dusun Jerukgiling-Kaliwungu Selatan,” paparnya.

 

Dico menegaskan, bahwa program ini sesuai dengan program yang dijanjikan saat berkampanye dulu, yakni program dalam kurun satu tahun.

 

“Kan masih ada tempelan stiker kampanye kami. Program Dico-Basuki Rp 100 – 300 juta per Dusun, per Tahun,” ungkapnya (Tim)

Leave a Reply