40 Warga Ciberung Keracunan

rawat inap
Salah seorang warga yang menjalani rawat rawat inap

Liputan Tim Biro Banyumas

BANYUMAS,delikjateng.com — Tidak kurang dari 40 warga Desa Ciberung, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Senin (12/6), pagi mengalami gejala keracunan. Mereka sempat dilarikan ke rumah sakit, namub hanya beberapa orang yang akhirnya dirawat di RSUD Ajibarang pada Selasa (13/6).

Kepala Desa Ciberung, Edi Pramono kepada wartawan menjelaskan, mereka diduga keracunan makanan pada acara syukuran di rumah Sukamto. Mereka menyantap sejumlah makanan saat berbuka bersama.

Usai buka bersama, warga belum merasakan gejala keracunan. Baru menjelang tengah malam beberapa orang mulai merasakan pusing dan mual.

” Ada sekitar 40 orang yang merasakan hal itu. Namun karena tidak menduga mengalami keracunan, kebanyakan baru melapor keesokan harinya seusai waktu subuh,” kata kepala desa.

Warga lalu melarikan 40an orang itu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Namun hingga selasa hanya 5 warga yang menjalani rawat inap. Lainya dipulangkan karena penyakitnya tidak membahayakan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dr Junaedi, menyebutkan seluruh warga Desa Ciberung yang mengalami keracunan, sudah mendapat penanganan di puskesmas dan RSUD.

”Seluruhnya ada 27 pasien yang sempat rawat inap di RSUD Ajibarang, dan 13 orang lainnya menjalani rawat jalan. Namun tadi siang tinggal 5 orang masih dirawat, dan kondisinya sudah semakin membaik,” katanya.

Menurut Junaedi, gejala yang dialami warga yang mengalami keracunan antara lain berupa mual, muntah, dan diare. Namun mengenai penyebab keracunannya, Junaedi mengaku belum bisa menyimpulkan karena harus dilakukan pemeriksaan terhadap sampel makanan yang dikonsumsi seluruh korban.

”Kita sudah mengambil sampel makanan di rumah warga yang punya hajat. Nanti dari hasil penelitian laboratorium, baru bisa dipastikan bahan makanan apa yang menyebabkan keracunan,” katanya.

Tinggalkan Balasan